Prinsip Cara Kerja Generator | Highlander® Genset



Prinsip Kerja Generator
Generator merupakan alat yang mampu menghasilkan energi listrik yang bersumber kepada energi mekanik dan umumnya menggunakan induksi elektromagnetik.  Sumber energi mekanik sendiri bisa berasal dari resiprokat ataupun turbin. Generator listrik pertama kali ditemukan pada tahun 1831 oleh seseorng yang bernama Faraday. Saat itu generator listrik mempunyai bentuk gulungan kawat yang dililitkan pada  besi yang berukuran U. Generator tersebut dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday.

Cara Kerja Generator
Cara kerja generator adalah melalui pergerakan medan magnet yang ada di rotor terhadap kumparan tetap yang terdapat di stator. Medan magnet tersebut dihasilkan dengan cara memberikan tegangan DC (Direct Current) pada kumparan penguat medan yang ada di rotor yang dapat dihasilkan melalui penguat sendiri maupun penguat terpisah. Sumber tegangan DC sendiri bisa didapat dari aki (accumulator). Setelah itu pemotong medan magnet bisa menggunakan bahan konduktor untuk memotong medan magnet yang ada, karena apabila tidak memotong maka prinsip kerja generator tidak akan timbul yang berupa gaya gerak listrik. Generator listrik mempunyai 2 macam jenis yaitu generator listrik AC dan generator listrik DC. Generator listrik AC mempunyai dua kutub stator sehingga apabila kutub-kutub magnet yang berlawanan dihadapkan maka akan menimbulkan sebuah medan magnet. Sedangkan generator listrik DC mempunyai komulator sehingga arus listrik yang akan dihasilkan berupa arus listrik DC sekalipun sumbernya berupa arus listrik AC. Adapun alat yang mampu mengkonverter arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik AC yaitu inverter listrik .

HIGHLANDER Genset menjual genset murah dengan kualitas tinggi dan bergaransi, selain menjual genset baru kami juga menjual genset bekas dengan kualitas terbaik dan dapat digunakan layaknya genset baru.

Kami menjual Genset Open Type, Silent Type, Trailer Type, Genset Portable/Genset Rumah Tangga dan Sparepart Genset dengan berbagai merek dan kapasitas, selain itu kami menyediakan jasa Service Genset dan Rental Genset

Ingin mendapatkan harga genset spesial ? Hubungi Highlander Genset sebagai Distributor Genset ternama yang men jual genset murah berkualitas

Telp.                : 021-5436-5000
Head Office   : Pergudangan Prima Centre 1 Blok H1
Jl. Pool PPD Pesing Poglar Raya
Jakarta Barat 11710
Web                : http://www.highlander.co.id/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »